Maret 27, 2011

Have you known your Priority ?


Ada sebuah cerita yang menceritakan tentang seorang mahasiswa, kita sebut saja Benyamin. Suatu kali Benyamin mendapat tugas dari dosen, tugas itu harus dikerjakannya via online artinya harus terkoneksi dengan internet. Karena tidak memiliki jaringan internet Benyamin harus mengerjakannya di Warung Internet(WARNET). Singkat cerita Benyamin mulai mengerjakan tugasnya, tapi disamping itu dia juga menyempatkan diri untuk membuka akun Facebook dan Twitternya. Sementara mengerjakan tugas tiba-tiba ada beberapa temannya menyapa dia lewat chating di Facebook otomatis Benyamin juga merespon. Selama 2 jam tidak terasa mereka ngobrol dan tiba-tiba jaringan internet error tidak tahu kenapa tidak bisa lagi untuk browsing. Akhirnya tugas Benyamin tidak selesai dan tidak dapat dikumpul karena sudah telat.
Apa yang bisa kita pelajari dari cerita diatas? Ya benar tentang prioritas. Tanpa kita sadari seringkali kita seperti Benyamin yang tidak bisa melihat prioritas. Saya pribadi juga banyak belajar tentang prioritas. Prioritas membuat seseorang lebih maksimal dalam melakukann suatu hal karena kita tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Apakah prioritas hanya berlaku dengan tugas tanggung jawab kita saja? Bagaimana dengan prioritas kerohanian kita? Sudahkah kita melihat setiap prioritas itu?
Hari kita mau belajar dari seorang yang benar - benar menghargai prioritas. Untuk lebih mudah kita mengartikan prioritas itu saya akan membahas 2 poin, yaitu :
1. PEKA TERHADAP PRIORITAS
Mari kita baca Alkita di Matius 12:9-15a. Kalo kita lihat disitu menceritakan dimana orang Farisi tidak setuju jika Yesus meyembuhkan di hari Sabat. Tapi Yesus memberikan contoh jika kita memiliki domba dan domba itu masuk ke dalam lobang, apakah kita tidak akan mengangkatnya karena itu hari Sabat? Kita bisa lihat bahwa Tuhan juga punya prioritas. Tanpa kita sadari juga dalam kehidupan seringkali kita lalai melihat setiap prioritas, bagaimana jika suatu saat ada teman yg membutuhkan pertolongan tapi satu sis kita harus ikut pelayanan, mana yang akan kita ambil? Lihat mana yang pririoritas!

2. AMBIL PRIORITAS ITU
Kita lihat lagi sikap Yesus tentang prioritas di kitab Lukas 10:38-42. Ini tentang maria dan marta. Tuhan tidak menyalahkan sikap marta tetapi yang Tuhan espek dari marta ialah agar dia bisa melihat mana yang lebih prioritas. Pelayanan bukan menjadi tolak ukur kita benar - benar orang yang rohani, tapi itu biasanya yang kita lakukan. Kita mengabaikan hati kita, yang seharusnya dibereskan terlebih dahulu. Terkadang pelayanan pun bisa dimotivasi oleh berbagai hal, agar terlihat eksis, one man show, unjuk gigi, atau biar terlihat rohani? Tapi jika hati kita sudah benar pelayanan kita akan mengikuti juga. Kalo kita baca dalam Matius 7:21-23 Tuhan sangat keras menegur orang - orang pada saat itu. Coba kita bayangkan jika kita ketemu dengan orang yang bernubuat, mengusir setan, bahkan membuat mujizat dalam nama Yesus, pasti orang itu sangat hebat. Tapi apa yang Tuhan katakan "Enyahlah kamu sekalian pembuat kejahatan." Tuhan tidak terlalu interest sehebat apapun pelayanan kita jika hati kita tidak benar - benar mau cinta Tuhan. Ambil setiap prioritas yang Tuhan ajarkan, percayalah itu akan membuat pertumbuhan rohanimu lebih efektif.

Itulah 2 poin yang saya bisa bagiin saat ini, kiranya bisa membantu saudara - saudara untuk bisa melihat tapi juga mengambil prioritas dalam kehidupan kita. Tidak mudah tapi jika kita mau, everythings gonna be ok.
TAKE YOUR PRIORITY !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar