Mei 18, 2011

Acceptance


Pernah membayangkan uang yang hanya memiliki satu sisi saja? Hmmm,.jika ada, sudah pasti itu uang palsu. Karena dimanapun setiap mata uang memiliki 2 sisi. Sama halnya juga dengan koin disamping ini, 2 sisi ini membuat koin ini berharga. Jika hanya ada satu sisi saja, sudah pasti itu bukan uang. Hari ini apakah anda membutuhkan uang? Jika anda butuh berarti anda akan menerima uang itu dengan 2 sisi yang ada didalamnya.
Terus apa hubungannya uang dengan "Acceptance" ?
Beberapa hari yang lalu di sore hari saya dan beberapa saudara bermain bola. Biasanya saya bermain futsal tapi kali ini kita bermain pake bola biasa yang ukuran bolanya lumayan besar. Singkat cerita kita bermaen sambil tertawa,. hmm dan tiba-tiba brekkkk... Kakiku mulai terasi sakit dan ketika saya lihat ternyata kukuh kaki jempol nyaris ke angkat, dan mulai berdarah. Sejenak saya berhenti, melihat-lihat sambil menahan rasa sakit. Tapi kegirangan saudara/i yang bermain bola membuat saya ingin bermain lagi. Akhirnya saya mengambil sepatu dan kembali lagi bermain. Sakit tapi itulah serunya bermain sepak bola. Bisa menggiring bola, menjebol gawang dan bekerja sama menjaga pertahanan.
Dari dua hal diatas saya mau bagiin bahwa sesuatu pasti memiliki dua sisi yang berlawanan. Sisi yang baik dan sisi yang buruk. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan, ibarat seperti mata uang jika kamu hanya butuh satu sisi saja, maka uang itu tidak berharga. Bermain bola adalah hobby saya sejak kecil. Saya masih ingat waktu Sekolah Dasar, ketika bel istirahat berbunyi saya dan teman-teman langsung pergi ke lapangan dan bermain bola. Betapa serunya memiliki hobby seperti itu. Akan tambah seru lagi jika bisa menjebol gawang lawan,.woww senengnya tiada duanya. Dan itulah sisi baik dari bermain sepak bola. Saya juga pernah beberapa hari tidak bisa berjalan dengan sempurna, karena di tackling lawan. Sempat jari keliking bengkok, sakit banget. Ya itulah sisi buruknya. Segala kesakitan yang dulu saya pernah tidak membuat saya berhenti bermain bola taoi justru makin suka bermain bola.
Saya tidak tahu apa yang menjadi pergumulan kamu saat ini. Satu hal yang perlu kamu sadari ialah ketika kamu mengambil keputusan untuk menerima sesuatu baik itu barang, jasa, ataupun hubungan dengan sendirinya kamu juga sudah menerima dua sisi dari hal tersebut. Dengan sendirinya sudah deal dengan sisi baik dan sisi buruk dari sesuatu yang sudah kamu putuskan. Sangat mudah bagi kita untuk menerima sisi baik dari apa yang kita miliki, sebaliknya sangat sukar bagi kita untuk menerima hal buruk dari apa yang kita miliki. Saya bukan orang yang sepenuhnya bisa menerima hal yang buruk dari apa yang saya punya, tapi saya mau terus berjuang untuk itu. Saya banyak belajar justru dengan hal buruk ini Tuhan ingin saya mengerti bahwa:
1. Saya adalah orang yang lemah, untuk itu saya butuh Tuhan sebagai penopang hidup.
2. Saya harus berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak
3. Saya harus belajar dari kesalahan
Hari ini apa hal-hal yang kamu sudah terima, apa hal hal-hal yang sudah kamu putuskan. Keluarga, Pekerjaan, tempat kuliah, teman, komunitas, persahabatan, hobby, pacar, handphone, apapun itu. Semua ini memiliki hal baik dan buruk. Penerimaan itu adalah kunci agar kamu bisa menghargai apa yang sudah kamu miliki. Ketika kamu memilih bekerja di Perusahaan A, kamu harus bisa menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Gaji mungkin saja tinggi tapi disisi lain kamu harus naik angkot berjam-jam untuk pergi kesana. Ketika kamu memutuskan untuk berpacaran, pasti itu adalah hal yang menggembirakan. Tapi bagaimana jika kamu harus putus? Ya itulah hal buruk yang harus kamu terima. "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya." 1 Korintus 10:13. Inilah ayat yang menguatkan saya. Sulit, ya pasti sulit. Kamu mungkin butuh energi ekstra untuk menerima setiap sisi buruk itu. Tapi janji-Nya adalah pasti. Datang pada-Nya maka kamu akan dengan mudah menerima setiap sisi dari apa yang kamu miliki saat ini. Penerimaan yang sempurna dari dua sisi ini kan membuat kamu semakin dewasa.

Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar