April 04, 2011

Junk Food


Semenjak tinggal di Bandung kurang lebih 3 tahun yang lalu, saya mulai mengenal beberapa jenis makanan jajanan disini. Dan saya paling doyan adalah gorengan, mulai dari molen, batagor, bakwan, dll. Bagi sebagian orang juga mungkin merasakan hal sama. Siapa coba yang ngga dosen jika gorengan di tambah sambel trus masih hangat juga,.hmmmm muaaaaaaaaaaaknyooossssssssss! hehe terlalu lebay kayaknya ya, tapi begitulah bahkan mulai dari pagi pun gorangan sangat laris, saya bisa lihat juga banyak orang-orang doyan untuk makan gorengan. Mungkin anda juga salah satunya? :D
Tapi tahu ngga kalau gorengan termasuk dalam kategori Junk Food (Makanan Sampah). Junk Food adalah istilah yang digunakan untuk makanan yang mengandung kadar nutrisi yang kurang, sehingga oleh Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengeluarkan jenis makan yang termasuk Junk Food yang biasanya orang konsumsi.
1. Makanan Gorengan
2. Makanan Kalengan
3. Makanan Asinan
4. Makanan daging yg diproses (ham,sosis, dll)
5. Makanan dari daging berlemak dan jerohan
6. Olahan Keju
7. Mie Instan
8. Makanan yg dipanggang/dibakar
9. Sajian Manis Beku
10. Manisan Kering

Itulah jenis makanan yang perlu kita waspadai karena selain mengandung nutrisi yang kurang dapat menyebabkan sejumlah penyakit juga.
Saat ini bagaimana dengan kerohanian kita? Apakah sudah mengkonsumsi makanan yang tepat? Atau justru doyan juga dengan Junk Food? Di Alkitab juga banyak menulis tentang Junk Food bagi kerohanian kita. Tanpa kita sadari itu tidak membuat kerohanian kita sehat justru terserang penyakit. Layaknya gorengan yang memiliki rasa yang enak sehingga kita susah untuk berhenti mengkonsumsinya, seperti itu juga dengan Junk Food jiwa kita. Saya mencatat kurang lebih ada sekitar jenis Junk Food menurut Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma 13:13 dan Galatia 5:19-21
1. Pesta Pora dan Kemabukan
2. Percabulan
3. Hawa Nafsu
4. Perselisihan
5. Iri Hati
6. Kecemaran
7. Peyembahan berhala
8. Sihir
9. Perseteruan
10. Amarah
11. Kepentingan Diri sendiri
12. Percideraan
13. Roh Pemecah
14. Kedengkian, dan sebagainya.

Dunia selalu menawarkan hal ini, banyak penjual gorengan dan banyak juga yang menawarkan Junk Food ini buat kita. Banyak orang-orang setiap pagi makan gorengan, penjual selalu meraup untuk yang sangat banyak. Mungkin saja temanmu salah satu penggemar yang doyan dengan Junk Food yang setiap hari menggodamu untuk mencobanya. Dan siapa yang akan diuntungkan jika kita menjadi pelanggan terhadap produknya, ya si iblis. dia tidak mau kita mengkonsumsi makanan yang sehat, ia hanya ingin kita terus jauh, jauh dan semakin jauh dengan Tuhan. Tanpa kita sadari makanan itu membuat kita merasa malas untuk bergaul dengan orang lain, malas untuk berdoa, malas untuk baca Firman Tuhan, malas melakukan hal yang benar. MALAS... itu baru satu penyakit yang akan kita alami jika terus-menerus mengkonsumsi makanan ini. Semakin kita menikmati makanan ini, maka si iblis makin berinovasi untuk mengeluarkan produk yang baru, tujuannya agar kita terus bergantung pada makanannya.
Kamu yang saat ini mulai doyan dengan makan Junk Food? Berhati-hatilah !

Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar